Breaking News

Selasa, 10 Januari 2017

KETELA POHON UNTUK PENDIDIKAN


Mungkin semua kita tahu jam berapa diatas. Benar sekali itu adalah gambar ketela pohon (ubi). Ada sesuatu yang menarik hari ini ketika menjemput anakku yang masih kelas 4 SD pulang sekolah. Aku melihat dia keluar dari kelasnya dengan wajah yang sangat gembira dan langsung berlari menghampiri saya sambil membawa sebatang ketela pohon. "Pak ini adalah hadiah dari bapak guru sebab kelompok saya mendapatkan nilai tertinggi dalam menyelesaikan tugas kelompok" ucapnya sambil menunjukkan sebatang ketela pohon yang menjadi kebanggaannya saya hanya bilang "hebat Selamat atas keberhasilannya dan teruslah belajar".
Dari cerita diatas ada hal yang sangat menarik untuk bisa kita jadikan pelajaran terutama dalam dunia pendidikan. Saya secara pribadi salut terhadap gurunya anakku yang mempunyai inisiatif untuk menjadikan sebatang ketela pohon untuk sebagai hadiah dan Ini mendapat sambutan yang sangat positif dari para siswanya.
Pemberian penghargaan atau apresiasi kepada siswa sebenarnya merupakan hal yang penting untuk menumbuhkan semangat belajar mereka, tapi hal tersebut kita anggap hal biasa biasa saja. Memberikan penghargaan kepada siswa sebagai tanda penghargaan tidak selamanya harus bernilai dengan uang. Ketika siswa maju untuk mengerjakan pekerjaannya di papan tulis dan setelah mengerjakan kemudian kita ucapkan "terimakasih" juga sudah termasuk penghargaan. Tepuk tangan dari teman-teman siswa, juga merupakan penghargaan terhadap siswa. Tapi model-model penghargaan di atas mungkin di antara para guru sudah ada yang menerapkan.
Memberikan penghargaan dalam bentuk pemberian sebatang ketela ini merupakan hal yang baru dan unik bagi saya. Selaku seorang guru ternyata tanaman yang berada di sekeliling kita bisa juga dijadikan sebagai media untuk menumbuhkan semangat belajar. Harapan Kita sebagai seorang guru semoga ada ide-ide kreatif lainnya yang terus dapat meningkatkan mutu pendidikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog